Pentingnya Perawatan Kesehatan Anak Balita

untuk para orang tua, menjaga kesehatan balita atau bayi mereka termasuk suatu hal yang harus dilakukan. Semua orang tua pastinya akan senang bila melihat buah hatinya tumbuh berkembang dengan sehat dan tidak mengalami sakit-sakitan. Apabila suatu saat sang buah hati menderita sakit, tentu saja orang tua akan merasa susah atau bersedih. Mereka akan langsung membawa anak mereka pada dokter guna mengetahui jenis penyakit serta langkah penyembuhannya.

Salah satu usaha untuk mengurangi angka kesakitan serta kematian anak balita yaitu dengan melakukan pemeliharaan kesehatannya. Perawatan kesehatan anak balita pastinya harus diperhatikan dengan sangatlah baik oleh semua orang tua. Dengan terdapatnya dampak positif terhadap perawatan anak balita, maka terdapat juga banyak dampak yang baik pula yang terjadi dalam tubuh seorang balita. Guna mengetahui hal apa saja yang amat penting pada perawatan kesehatan itu, diperlukan pengetahuan yang jelas pada hal-hal penting yang sangat erat kaitannya dengan keperluan balita.

Nutrisi dan makanan anak

Nutrisi ini merupakan hal yang begitu diperhatikan oleh para orang tua. Tidak heran, apabila banyak orang tua yang rela mengeluarkan banyak biaya dan melakukan banyak sekali hal hanya untuk mendapatkan anak yang memiliki nafsu makan yang begitu besar. Sebab, pertumbuhan seorang anak tergantung dalam nutrisi yang orang tua berikan pada anak. Berbagai nutrisi yang begitu baik tentu saja yaitu buah-buahan, sayuran, makanan berprotein, dan juga makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks.

Kecerdasan anak

Selain dari pertumbuhan fisik, maka hal penting lainnya yang sebaiknya diperhatikan dengan baik yaitu kecerdasan anak. Pertumbuhan fisik memanglah sangat penting, akan tetapi perkembangan kecerdasan anak juga sangatlah penting. Terdapat dua kunci yang sebaiknya dilakukan oleh para orang tua pada rangka meningkatkan kecerdasan otak dari anak balita. Pertama, Anda sebaiknya memberikan asupan makanan yang cukup seperti ikan salmon, dan juga ikan cod. Kedua makanan itu banyak mengandung omega-3 yang pastinya begitu penting dalam rangka meningkatkan kecerdasan pada otak anak Anda. Selanjutnya, aktivitas dari anak balita misalnya permainan. Selanjutnya aktivitas motorik lain juga sebaiknya selalu dilakukan oleh para orang tua. Berbekal dengan kedua hal itu, maka anak dapat memperoleh kecerdasan yang seimbang antara otak bagian kanan dan otak bagian kiri.

Psikologi anak

Seorang anak yang masih berusia balita juga harus diperhatikan dengan sungguh sungguh mengenai pertumbuhan mentalnya. Anda sebagai orang tua harus mengenal anak Anda dengan keseluruhannya dan selanjutnya akan mendapatkan banyak informasi tentang kondisi psikologi sebenarnya pada sang anak. Konsultasikanlah kepada dokter anak dan selanjutnya ketahuilah dengan cepat bagaimana cara penanganan anak Anda dengan cara yang tepat. Tidak jarang, jika banyak para orang tua yang tau namun terlambat tentang kondisi mental anak. Sebab perawatan kesehatan anak balita yang dilakukan oleh orang tua salah.

Untuk itu anda sebagai orang tua harus bisa merawat anak anda yang masih balita dengan sebaik-baiknya. Apabila pola makan anak anda sudah bagus, maka untuk pemberian vitamin kepada anak usia balita tidak terlalu diperlukan. Dan apabila anda hendak memberikan vitamin kepada anak anda yang balita, maka berikanlah sesuai dengan kebutuhan anak dan tentunya harus sesuai dengan petunjuk dokter anak. Misalnya saja, anda bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan atau memberikan madu anak dan vitamin penambah zat besi, dsb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s