Perkembangan Anak 3 Tahun Pertama dan Peran Orang Tua

Berkembang merupakan suatu proses yang tidak dapat dihindari oleh manusia. Seriap manusia di dunia ini pasti pernah mengalaminya. Perkembangan dalam manusia itu sifatnya maju. Berarti tidak bisa untuk di putarbalikkan. Manusia awalnya tumbuh dari bayi, berkembang jadi kanak-kanak, remaja, dewasa, lansia, dan pada akhirnya akan meninggal. manusia akan mengalami perkembangan saat berada di dalam kandungan hingga sampai pada kematian. Salah satu dari aspek perkembangan yang terpenting pada manusia yaitu perkembangan anak 3 tahun pertama.

3 tahun pertama dalam kehidupan anak Kecil yaitu periode yang mana terjadi pertumbuhan serta perkembangan yang sangat pesat. Pada waktu si Kecil lahir, berat otaknya mungkin hanya sekitar 25% dari berat otak orang yang sudah dewasa. Namun, hingga sampai usia 3 tahun, otak seorang anak akan berkembang secara pesat serta akan memproduksi milyaran sel otak serta koneksi antara sel-sel otak, lewat sinapsis otak. Sel-sel otak itu memerlukan koneksi seperti jalan tol yg bisa menghubungkan antar sel otak. pada saat si Kecil belajar dari menerima stimulus, jalan tol itu terbentuk akan menjadi bertambah kuat saat kerap dilatih. Semakin bertambah banyak koneksi sel-sel otak yang diperlukan terjadi, maka akan semakin cepat juga proses belajar yang terjadi.

Lakukan Stimulasi untuk Mendukung Koneksi Sel Otaknya

Terdapat banyak cara yang dapat ibu lakukan guna membantu sel-sel otak anak terhubung dengan cepat. Kegiatan yang sederhana misalnya berbicara pada anak, sebelum tidur dibacakan cerita, menyanyikan lagu, berpuisi, ataupun bermain dengan mainan, ini bisa membantu menstimulasi pikiran anak untuk lebih berkembang. Tak hanya bisa membantu koneksi sel otaknya berkembang dengan semakin cepat juga kuat, seorang ibu juga akan membangun hubungan yang begitu mendalam dengan anak.

Kemampuan Anak 3 tahun Pertama

Anak tiga tahun sudah mulai menghadapi sebuah tantangan yang tentunya bisa bertahan selamanya, yaitu bisa menjadi mandiri. Dalam fase ini berlangsung lama sebertahun-tahun pada saat anak mencoba tugas-tugas yang lebih kompleks. dimulai dengan anak belajar mencuci dan juga berpakaian. Kemudian lama kelamaan berangsur-angsur anak mulai membuat keputusan sendiri. Dia menguji keterbatasan koordinasi gerak dan juga pemikirannya, jadi Anda akan menjumpai banyak letupan frustasi pada waktu ia terus mencoba tiap tugasnya yang baru. Namun, anak akan cepat menguasai tugas-tugasnya bila Anda dengan tenang memberikannya sedikit bantuan namun, tanpa harus mengambil alih. Keinginannya untuk menjadi mandiri menjadikan anak termotivasi guna mencoba segala hal itu sendiri.

Memiliki Teman

Seorang anak yang berusia tiga tahun sudah bisa menjalin pertemanan dan juga bermain dengan anak-anak yang lain. Dengan melalui tempat penitipan anak misalnya, atau dengan kerabat, dan juga teman, anak punya kontak yang rutin dengan kelompok anak yang seusianya. Serta mulai condong akan bergaul dengan anak-anak yang dia senangi. Anak akan membangun hubungan itu melewati kerja sama bersama dengan teman-teman yang sebayanya. Pada permainan dan juga kegiatan sederhana yang umumnya diatur oleh orang-orang dewasa yang berada di sekitarnya. Sebab, anak baru belajar cara berbagi, anak masih butuh diawasi supaya terhindar dari berebut mainan dan perlu diajarkan untuk bisa bergiliran.

Peran Orang Tua

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seorang ibu dan pasangan untuk membantu merangsang pertumbuhan anak usia 3 tahun pertama ini. Terlepas dari selalu memberikannya lingkungan yang memang penuh perhatian dan juga rasa kasih sayang. Ini sangat penting dilakukan untuk memastikan anak anda akan mendapatkan nutrisi yang sangat penting, dan juga dengan cukup tidur dan juga cukup dalam beristirahat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s