Kemampuan Dalam Perkembangan Bayi 11 Bulan Lebih

Pada umumnya pada perkembangan bayi 11 bulan lebih, anak Anda sudah dapat berdiri dan berjalan merambat dengan cara berpegangan pada meja ataupun pegangan kursi yang kuat menyangga berat badannya. Bayi usia ini juga sudah dapat mengangkat tubuhnya untuk berdiri dengan cara berpegangan. Selanjutnya lama kelamaan dia akan melepaskan pegangan dalam beberapa detik, kemudian dia akan jatuh terduduk sebab, keseimbangan pada bayi usia ini belum bisa sempurna. Perlahan namun pasti, saat ia sudah bisa berdiri sendiri, bayi akan berusaha berjalan beberapa langkah, dan akan terjatuh dan terduduk lagi. Biarkan saja seperti itu. Pada saat merasa sudah siap, dia akan berjalan dengan lancar tanpa harus sering terjatuh. Berikut perkembangan bayi 11 bulan lebih.

Lebih Mengetahui Fungsi Benda

Sebelum memasuki usia 11 bulan, bayi kerap tertarik meraih benda-benda yang ada di sekelilingnya. Tapi dia sama sekali belum tau tentang fungsinya. Seiring bertambahnya, anak mulai tau fungsi dari bermacam benda yang kerap dilihatnya. Tidak hanya sekedar diraih, namun dia ikut meletakkan benda-benda sesuai fungsinya. Misalnya, dia telah mulai tau fungsi dari kaos kaki dengan cara upaya memasukkan kakinya ke dalam kaus kaki itu. Walaupun tak selalu berakhir dengan cara sempurna, tapi paling tidak tahu jika letak benda itu adalah di kaki. Contoh yang lainnya, misalnya seperti menaruh telepon pada telinganya dan dia akan berbicara menggunakan bahasanya sendiri. Seakan-akan ia sedang berkomunikasi dengan telepon. Memakai topi pada kepalanya, anak juga mulai mengerti fungsi sendok. Anak juga menekan-nekan tombol remote control lalu mengarahkannya ke layar televisi. Ini juga menunjukkan jika anak tau akan fungsi benda.

Kemampuan Berjalan

Kemampuan berjalan bayi 1 dengan yang lain memang berbeda. Namun, biasanya bayi mulai masuk tahap berjalan dalam usia 11 bulan. Anak sudah mulai dapat mencecahkan kakinya dan tidak meminta bantuan orang dewasa supaya menuntunnya. Sesekali mungkin ia akan terjatuh, akan tetapi ia akan dapat mengangkat tubuhnya lagi untuk berdiri. Jika bayi Anda mulai bisa berjalan, maka Anda harus selalu berusaha untuk memantaunya. Anak belum dapat membedakan pijakan yang dirasa aman dan pijakan yang membahayakan untuk dilewati. Jika Anda hendak membelikan sepatu untuk anak, maka pilihlah sepatu yang punya kualitas kelenturan sol yang baik. Supaya kakinya tidak mudah lelah. Namun, anjuran yang terbaik ialah membiarkan anak Anda berjalan tanpa memakai alas kaki. Sebab, berjalan tanpa alas kaki bisa membantu proses penguatan dari telapak kaki, pergelangan, dan juga otot-otot kakinya agar lebih cepat dan juga bisa maksimal.

Kemampuan Membaca Naluri

Perkembangan bayi 11 bulan lebih biasanya sudah dapat membaca. Maksudnya disini bayi telah mengenal konsep membaca dengan naluri bayinya sendiri. Jika Anda hendak mengetahuinya, cobalah anda berikan buku dengan gambar dan juga huruf-huruf yang terlihat menarik. Anda akan menyaksikan ia akan meraih buku itu, membolak-balikkan halaman demi halamannya. Selain itu juga akan memperhatikan gambar serta tulisan yang tertera. Anak juga akan berekspresi seperti membaca. Meskipun Anda tidak tau kalimat yang diucapkannya, tapi seperti inilah pertanda bayi Anda mengenal kegiatan membaca.

Mengerti Isi Perintah

Bayi yang sudah menginjak usia 11 bulan lebih, mulai tau tentang isi dari larangan ataupun perintah yang Anda tujukan pada anak tersebut. Anak mulai tau tentang arti “jangan”, “tidak boleh”, “ayo” serta bentuk kata perintah yang lainnya. Jika Anda mengatakan “jangan” maka akan akan terlihat reaksinya guna menjauhi apa yang Anda larang ataupun yang menghentikan apa yang dia kerjakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s