Perkembangan Anak Usia 4 Tahun Keatas Yang Harus Anda Tau

Sebagai orang tua harus selalu memperhatikan mengenai tumbuh dan kembang anak. Terutama perkembangan anak usia 4 tahun keatas. Pada umumnya sewaktu memasuki usia 4 tahun, anak anda umumnya penuh dengan energi, semakin banyak berbicara dan juga selalu punya rasa ingin tau. Pada umumnya mental dan juga emosional orangtua akan teruji pada masa sekarang ini. Sehingga di setiap harinya akan membuat suatu tantangan yang baru untuk Anda dan juga anak anda. Tiap anak berbeda dan apa yang dikerjakan saat usia 4 tahun ini mungkin sedikit berbeda dengan anak usia yang lainnya. Dia akan semakin lebih pengertian, serta memahami apa yang diinginkan oleh orang disekitarnya. Cobalah sesekali anda minta anak untuk menceritakan dongeng favoritnya, pasti dia akan bergaya dalm berceritanya.

Kemampuan Sosial

Perkembangan anak usia 4 tahun keatas dalam kemampuan sosialnya akan lebih memperlihatkan kemandirian. Misalnya sudah bisa menyikat gigi dan bisa berpakaian sendiri. Anak usia ini juga cenderung lebih banyak menuntut namun juga bersemangat pada saat diajak bekerjasama. Terkadang juga anak berperilaku dengan tidak sopan. Tapi, semakin Anda menampakkan reaksi emosi, maka semakin anak akan berperilaku buruk. Anak ingin disukai dan dia ingin menyenangkan teman-temanya, dan ingin punya teman dekat. Dalam usia ini, anak tahu dan juga mengerti mengenai hal sehari-hari. Misalnya seperti makanan, uang serta konsep waktu. Punya rasa kepemilikan, yang mana ia akan melihat segala sesuatu jadi miliknya. Anak juga punya rasa simpati serta rasa sedih saat orang atau apapun ada kondisi kesusahan atau kesedihan. Ini juga yang dia harapkan dari orang disekelilingnya saat berada pada situasi yang sama.

Kemampuan Motorik

Anak juga memiliki koordinasi serta keseimbangan seperti halnya orang dewasa. Dan juga punya kekuatan otot untuk melakukan aktivitas yang semakin menantang. Cenderung lebih aktif serta lebih menyukai gerakan-gerakan, seperti memanjat, jungkir balik, berayun, dan juga melompat. Perkembangan anak usia 4 tahun ke atas juga ditandai dengan gemar menulis, melukis, menirukan tingkah laku orang lain, melekatkan serta membangun sebuah struktur bangunan. Gambar tanganya biasanya menampakkan seluruh unsur penting seperti halnya mata, hidung serta mulut. Walaupun memang tidak sama persis dengan gambar orang.

Kemampuan Berbahasa

Dalam usia 4 tahun lebih, anak sudah dapat berhitung sampai dengan angka sepuluh atau bahkan lebih. Anak dapat menyebutkan paling tidak ada 4 macam warna. Anak juga tidak jarang mengucapkan kata makian yang kerap didengarnya dari orang yang ada di sekitarnya. Akan tetapi, yang lebih disukainya yaitu menyaksikan perubahan wajah Anda pada saat dia mengatakan katakan kata yang didengar dari lingkungan tersebut. Lebih baik, Anda jangan meresponnya dengan terlalu berlebihan. Namun anda harus menasehatinya dengan baik-baik.

Peran Orang Tua

Jangan mematahkan semangat saat anak melakukan semuanya sendiri, seperti makan atau memakai bajunya, walaupun pekerjaan yang dilakukan masih terlihar sangat lambat. Bantulah dia dengan cara perlahan. Pilihlah pakaian yang gampang dipakai, dan makanan yang tidak sulit untuk dimakan supaya bisa mengurangi rasa frustasinya. Tetaplah dampingi anak anda pada saat menyikat gigi, mandi, dan juga saat menyisir rambutnya.

Manfaatkan waktu sebagai orang tua untuk mengecek kembali apakah imunisasinya sudah sesuai dengan jadwal apa belum. Berjalan dengan kesenangannya pada waktu mengeksplorasi dunia luar, imunitas anak tetap harus dijaga agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit. Khususnya akibat terjadinya perubahan cuaca yang sangat drastis. Kebiasaan makan makanan yang sehat, seperti halnya rajin sarapan di setiap paginya akan membantu anak dalam menjaga daya tahan tubuhnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s