Kebutuhan Nutrisi Untuk Pertumbuhan Anak 2 Tahun

Asupan makanan sangat dibutuhkan untuk keperluan energi untuk masa kanak-kanak sehari-harinya. Tujuannya untuk mempertahankan fungsi dari organ tubuh, penyembuhan saat anak sedang sakit, dan yang paling penting yaitu sebagai energi untuk perkembangan dan pertumbuhan anak 2 tahun. Keperluan asupan makanan anak akan selalu berubah sesuai dengan bertambahnya usianya. Pada saat usia 2 tahun, keperluan energi si Kecil yaitu 100 kalori tiap kilogram dari berat badannya. tak hanya itu, anak anda juga memerlukan 1,5gr protein tiap kilogram berat badannya. Dan juga 8mg zat besi tiap hari, 17µg seng tiap hari. Kebutuhan nutrisi anak 350mg kalsium per hari, dan juga 1-1,5 liter cairan untuk per harinya.

Pada saat anak usia ini, seorang anak sudah dapat memakan sebagian besar makanan yang disediakan untuk keluarga. Keterampilan makan anak juga sudah berkembang dengan lebih baik. Jadi, kemungkinan batuk ataupun tersedak saat makan sudah jarang dialami. Selain itu, dia juga akan semakin pintar memakai peralatan makannya sendiri tanpa harus tumpah. Akan tetapi, anak mungkin akan menolak jenis makanan yang tertentu. Untuk nafsu makannya dapat berubah-ubah setiap waktunya. Apabila hari ini bisa makan dengan banyak, kadang besok makan bisa jadi lebih sedikit lagi.

Makanan untuk Pertumbuhan Anak 2 tahun

Seorang ibu dapat menyiasatinya dengan cara memberikan makanan yang bervariasi jenisnya. Selain itu, tekstur, dan cita rasa juga sebisa mungkin divariasikan. Apabila sang tidak mau menghabiskan makanannya, cobalah bangkitkan selera makannya dengan cara menyajikan makanan dalam porsi yang kecil. Selanjutnya dihiasi menjadi bentuk-bentuk yang terkesan lucu. Ajaklah anak untuk makan bersama dengan keluarga. jadi anak akan merasakan kasih sayang dari orangtua dan juga anggota keluarga yang lainnya.

Makan merupakan proses belajar untuk si Kecil. Oleh sebab itu, berilah dia makanan dengan tekstur yang berubah dengan bertahap mulai anak masih bayi. Dimulai dari makanan yang dihaluskan, disaring, selanjutnya dicincang. Tahapan-tahapan seperti ini tujuannya supaya si Kecil belajar dalam mengunyah makanannya. Dan nantinya, seorang anak akan siap untuk menerima jenis makanan keluarga. Oleh sebab itu, seorang Ibu bisa menyajikan nasi, sayuran, serta lauk-pauk dengan terpisah untuk anak. Berikut ini makanan untuk pertumbuhan anak 2 tahun.

Telur puyuh

Telur puyuh termasuk sumber protein yang sangat baik. Di dalam 100gr telur puyuh, ada 13,05 gr zat protein. Untuk kandungan dari protein ini lebih tinggi dibandingkan telur ayam ataupun telur bebek. Tak hanya itu saja, salah satu kelebihan protein telur dari pada dengan protein hewani lainnya yaitu daya cernanya yang begitu tinggi. Berarti, setiap gram kandungan protein yang masuk bisa dicerna oleh tubuh anak dengan sempurna.

Lalu untuk prosedur pemberian makanan pada anak 2 tahun juga harus selalu diperhatikan. Misalnya dengan mengajak si Kecil agar bisa makan sendiri. Apabila dia menunjukkan tanda tanda tidak mau makan (antara lain mengatupkan mulut, memalingkan muka, dan juga menangis). Anda bisa menawarkan lagi makanan secara netral tanpa harus memaksa dan membujuk terlebih dulu. Jikasetelah 10 sampai 15 menit anak tetap tidak mau makan, seorang Ibu dapat mengakhiri proses makan anaknya.

Demikianlah ulasan mengenai kebutuhan asupan nutrisi untuk pertumbuhan anak 2 tahun. Dengan tercukupinya nutrisi, perkembangan pada anak anak anda akan semakin berkembang dengan baik dan sempurna. Semoga ulasan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi anda semua yang membacanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s