Inilah Perkembangan Bayi 3 Bulan Setengah Secara Normal

Bayi merupakan anugrah terindah yang telah dinanti nantikan oleh pasangan suami istri yang telah menikah. Pada waktu bulan-bulan awal sesudah kelahiran sang bayi adalah bulan-bulan yang begitu indah dan punya arti. Pada waktu bulan ketiga, bayi sudah bisa mulai aktif serta belajar banyak hal. Misalnya seperti mengenali serta membedakan wajah ibu dan juga wajah dari bapaknya. Perkembangan bayi 3 bulan setengah sungguh pesat dan bayi sudah mulai melihat lihat benda-benda yang ada di sekelilingnya. Kemudian mulai ingin menyentuh benda itu. Bayi di usia ini juga mulai lebih sadar di gerakanya serta gerak reflek bayi. Lalu kebiasaan tangan menggenggam sedikit demi sedikit sudah mulai hilang. Pada usia 3 bulan atau lebih bayi sudah dapat memandang dan melambaikan tangan meski sedikit dan tidak terarah.

Dalam fase perkembangan bayi 3 bulan, seorang bayi butuh diawasi lebih ketat. Sebab dia mulai memasukkan benda-benda yang telah diambilnya ke dalam area mulut. Dalam usianya yang 3 bulan, seorang bayi mulai gemar mendengarkan suara-suara asing dan khususnya suaranya sendiri. Dalam fase ini, benda mainan dari bayi sudah dapat diberikan. Dan sebaiknya dipilih benda mainan yang pembuatannya dari karet dengan bagian ujung yang tumpul. Pilihlah juga mainan yang tidak terdapat pewarna seperti halnya cat. Kemudian pilihlah mainan yang dapat bersuara guna melatih pendengaran pada telinga bayi. Untuk merangsang bayi supaya lebih aktif, maka mainan yang anda berikan bisa digantung diatas box tempat tidur bayi anda.

Perkembangan Bayi 3 Bulan Setengah

Dalam perkembangan bayi 3 bulan, maka anak anda dapat diperkenalkan pada dunia luar dengan membawanya berjalan-jalan pada sekitar rumah anda. Tak hanya itu saja, dianjurkan bayi juga diperdengarkan dengan lagu-lagu lyang embut yang dapat merangsang perkembangan organ otaknya. Pada saat usia 3 bulan, bayi telah belajar menggumam dengan menggunakan suara-suara seperti halnya P,B, dan M menjadi biasanya jadi gumamannya yang pertama. Biasanya seorang bayi dengan usia 3 bulan juga sudah mulai bisa menyebut ibu ataupun ayah walau masih tidak kurang terdengar jelas.

Bayi dengan usia 3 bulan sudah dapat diajak berkomunikasi. Sedangkan untuk cara bayi berkomunikasi yaitu dengan menggerak-gerakan bagian tanganya. Dia juga telah dapat mengekpresikan raut wajah gembira, sedih, dan juga tertawa. Bayi yang berusia 3 bulan akan meraih apa saja yang telah dikasihkan kepadanya. Disertai dengan tertawa senang sambil kakinya yang menendang-nendang. Dalam usia 3 bulan bayi sudah dapat menunggu ibunya memberikan apa yang bayi inginkan. selain itu bayi juga sudah mulai lebih jarang menangis apabila lapar dan biasanya hanya sekedar dengan merengek.

Saran Untuk Orang Tua dalam Merawat Bayi 3 Bulan Keatas

Menjadi orang tua, anda juga dianjurkan bisa untuk mengenali karakteristik emosional yang ada pada buah hati anda. Amatilah reaksi serta tingkah lakunya saat si kecil sedang marah, menangis dan juga sedang tertawa. Latihlah juga indra pendengaran bayi dengan cara memperdengarkan suara-suara tertentu. Anda juga bisa memperdengarkan lantunan ayat suci atau lagu yang lembut untuk merangsang otak.

Banyak orang yang melakukan pengamatan terhadap tumbuh kembang bayi dalam usia ini. Sedangkan hasilnya antara lain yaitu menunjukan jika saat usia 3 bulan bayi sudah mengenal berbagai macam bunyi. Khususnya suara dari orang tuanya. Dalam usia ini bayi juga senang untuk mendengarkan semua jenis musik. Tak hanya itu, ajarilah dia untuk melakukan gerakan-gerakan yang sederhana. Seperti melambaikan tangan atau mengacungkan tangan guna bersalaman. Orang tua juga bisa membawanya jalan-jalan disekitar rumah dan memperkenalkan lebih banyak dengan berbagai hal. Paling peting berrikan nutrisi anak yang cukup.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s