Perkembangan Anak 1 Tahun 2 Bulan Yang Normal

Pada usia ini, kemampuan komunikasi anak jadi lebih berkembang. Meskipun ia baru dapat mengucapkan beberapa patah kata saja, namun anak anda telah mengerti kata-kata yang diucapkan ibu atau ayah. Bahkan dia juga bisa mengikuti perintah sederhana. Dengan semakin berkembangnya kemampuan dari balita untuk memahami perkataan orang-orang yang ada di sekitarnya, Ayah dan ibu bayi pun dapat mulai mengajari anak anda tentang penerapan batasan dalam berperilaku. Hal ini merupakan langkah awal untuk mengajarkan kemampuan sosial serta melatih balita guna menghadapi emosinya. Perkembangan anak 1 tahun 2 bulan ini terdapat beberapa indikator yang sebaiknya kita pahami.

Kemampuan Motorik Kasar Anak 1 Tahun 2 Bulan

Bayi dalam usia yang sudah mulai besar ini sudah memiliki kemampuan untuk menegakkan bagian kepalanya dan juga memiringkan badannya sendiri.  Atau bayi bisa duduk dengan sendiri. Sesudah itu bangkit dan juga berdiri tanpa membutuhkan bantuan dari orang lain. Di dalam masa rentang waktu ini bayi seharusnya sudah mulai dapat berjalan dengan dibantu atau dibimbing orang lain, misalnya dibantu oleh orang tuanya.

Kemampuan Motorik Halus

Untuk kemampuan anak yang ini bisa kita perhatikan melalui kemampuan bayi saat menggenggam barang ataupun benda yang dijangkaunya. Selanjutnya memasukkan benda ataupun barang yang telah dipegangnya untuk dimasukkan ke pada mulut anak tersebut. Ataupun kita dapat melihat bayi sudah mampu untuk memindahkan barang atau benda yang digenggamnya dari tangan yang satunya ke tangan yang lainnya. Tak hanya itu saja, bayi juga kerap menjatuhkan mainan ataupun benda. Yang kemudian berusaha untuk diambil lagi benda atau mainan yang telah dijatuhkannya tadi.

Kemampuan Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak pada usia tersebut dapat kita ketahui dengan tingkah laku anaknya. Seperti misalnya bayi akan menangis pada waktu melihat orang yang baru dia lihat. Selain itu, anak yang cerdas telah mulai dapat mengikuti kata perintah yang sederhana. Contohnya waktu disuruh bertepuk tangan, maka si bayi akan langsung bertepuk tangan dan kata-kata perintah yang lainnya.

Kemampuan Komunikasi Pasif Usia 1 Tahun 2 Bulan

Kemampuan bayi pada usia tersebut dapat kita perhatikan dari tingkah laku bayi yang mulai berusaha untuk mencari sumber dari suara yang telah didengarnya. Tak hanya itu saja, seorang bayi berusia 1 tahun 2 bulan juga akan tengok kanan ataupun tengok kiri pada saat mendengar dipanggil namanya oleh orang lain. Kemampuan dalam komunikasi pasif ini dapat kita perhatikan juga dengan kemampuan bayi dalam merespon suara yang ada di sekitarnya dengan ekspresi yang terlihat berbeda. Bisa menggunakan ekspresi menangis ataupun dengan tertawa dan senyum.

Kesehatan Anak Usia 1 Tahun 2 Bulan

Selain punya kemampuan komunikasi, kemampuan gerak balita juga akan semakin bertambah. Oleh sebab itu, pada usia ini umumnya balita sudah dapat mulai berjalan dengan sendiri. Namun, jangan heran jika cara jalan balita masih sedikit terlihat sedikit aneh. Seperti halnya, beberapa balita memang cenderung berjalan dengan keadaan kaki berjinjit. Sedangkan pada balita lain ada yang suka berjalan dengan kaki mengarah ke luar atau mengarah ke dalam.

Keadaan yang lain yang terkadang terjadi dalam balita yaitu kaki yang terlihat melengkung (bowed leg). Dan sebagian besar persoalan ini pada umumnya akan menghilang dengan sendirinya, berjalan dengan bertambahnya usia anak anda. Namun, apabila seorang ibu merasa khawatir anaknya terdapat kelainan pada kaki dan cara berjalan anak anda, konsultasilah kepada ahli dokter anak. Ini merupakan solusi terbaik sebab kelainan pada kaki serta cara berjalan balita lebih baik mulai ditangani sedini mungkin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s