Makanan Untuk Perkembangan Bayi 11 Bulan Keatas

Perkembangan bayi 11 bulan keatas akan selalu dinanti-nantikakan oleh para orang tuanya. Banyak dari para orang tua mulai membandingkan kemampuan bayi  dengan bayi yang lainnya. Terdapat pengaruh seperti halnya faktor kesehatan bayi dari kecil dapat menjadikan bayi mengalami pertumbuhan yang lebih lambatkadang malah lebih cepat. Di usia ini bayi sudah dapat bergerak gerak atau bahkan berjalan dengan lebih sempurna. Bayi usia ini sudah punya indra dengan fungsi yang begitu baik. Mereka mampu tertarik saat mendengar suara ataupun kalimat dari orang dewasa. Bahkan untuk mata mereka juga bisa berkembang dengan baik sehingga dapat menyaksikan berbagai macam benda ataupun objek dengan berbagai macam warna.

Banyak bayi yang usianya 11 bulan keatas berat badannya akan menurun karena fisik mereka terlalu banyak bergerak. Guna mengatasi masalah ini maka seorang bayi harus menerima asupan nutrisi yang penuh dari mulai sumber karbohidrat, protein sampai dengan lemak sehat. Supaya bayi tidak terjangkit jenis penyakit sebab kekurangan gizi. Ada beberapa jenis makanan yang dapat diberikan pada bayi. Misalnya seperti sumber karbohidrat seperti halnya nasi, gandum, roti ataupun biskuit. Maka dari itu makanan untuk perkembangan bayi 11 bulan keatas harus selalu diperhatikan.

Gizi Untuk Perkembangan Bayi 11 Bulan Keatas

Makanan bayi 11 bulan keatas tetap disebut untuk pembantu ASI, sehingga tetap utamakan pemberian ASI untuk anak. Bila pada umur 6 sampai 9 bulan bayi hanya disarankan makanan lunak. Seperti halnya bubur susu, nasi tim, larutan biscuit serta buah pisang yang dihancurkan. Maka saat umur 11 bulan keatas bayi sudah dapat kita kasih nasi dan lauk pauk seperti yang telah dikonsumsi keluarga. Namun, tekstur nasi itu harus ditanak supaya lunak dengan memberi air dengan lebih.

Makanan untuk bayi 11 bulan keatas dianjurkan memenuhi konsep gizi bayi yang seimbang, karbohidrat, protein, vitamin dan juga kandunagn mineral. Nasi menjadi sumber karbohidrat, lalu lauk pauk menjadi sumber protein dan juga mineral, buah dan juga sayur yang menjadi sumber vitamin dan juga mineral. Pemberian susu formula juga sangat dianjurkan untuk pelengkap kecukupan gizi pada bayi.

Resep Makanan Bayi 11 Bulan Keatas

Seharusnya resep makanan bergizi yang akan diberikan untuk bayi usia 11 bulan keatas sesuai dengan konsep gizi seimbang. Jangan anda terlalu memforsir bertambahnya berat anak di usia ini, karena gerakannya memang sudah aktif. Di usia 11 bulan ini seharusnya bayi sudah dapat duduk dengan tegak, merangkak, serta berdiri dengan berpegangan. Apabila berat badan anak berlebihan dapat mengganggu aktifitas gerak anak. Atau bahkan bisa merubah bentuk tulang sebab, saat berdiri tulang tidak kuat menopang berat badan yang dirasa berlebih. Oleh sebab itu, selalu perhatikan agar berat badan bayi normal sesuai dengan usianya.

Berikut ini merupakan salah satu menu yang paling cocok untuk bayi usia 11 bulan keatas. Antara lain adalah nasi lunak + ikan tuna + sayur bayam. Anda juga bisa memberikan buah-buahan atau sarinya menjadi makanan selingan setiap 2 kali sehari. Selain mengandung Omega 3, Ikan tuna juga merupakan sumber protein hewani yang terbaik dibandingkan semua daging hewan, harganya pun juga cukup terjangkau untuk anda semua. Makanan yang lain yang harus diberikan juga harus dilunakkan, jika kita memberikan roti, berilah roti yang gampang larut oleh air. Sedangkan jika memberikan daging-dagingan biasakanlah mengolahnya sampai matang lalu dicincang sedikit halus terutama pada daging ayam dan juga daging sapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s