Pertumbuhan Anak 1 Tahun dan Kebutuhan Nutrisi

Sebagai orangtua yang baik artinya tidak boleh melewatkan semua perkembangan dan juga pertumbuhan anak. Terutama perkembangan anak 1 tahun yang sedang terlihat lucu-lucunya. Sekarang dia sudah semakin tumbuh besar, lebih pintar serta lebih responsif jika diajak bermain dan juga berinteraksi oleh Anda. Dalam usia ini, seorang anak yang usia 11 bulan sudah tidak disebut bayi lagi. Dan telah menyandang predikat batita.

Banyak terjadi perubahan yang akan Anda hadapi, dimulai dari jam tidur anak yang mulai teratur, cara mereka dalam memainkan mainan, tangisan anak pada saat Anda pergi dan juga perubahan dari berat badan. Serta seiring dengan berjalannya waktu, Anda juga sebaiknya mulai memikirkan mainan anak usia 1 tahun serta makanan untuk anak usia 1 tahun yang bisa Anda mulai berikan pada sang buah hati Anda. Supaya pertumbuhan serta perkembangannya akan menjadi semakin optimal.

Pertumbuhan Anak 1 Tahun

Perkembangan yang pertama yang sebaiknya Anda perhatikan dari anak Anda yang sudah menginjak umur 1 tahun yaitu berat badannya. Dalam usia 1 tahun seorang anak seharusnya mencapai berat badan 3 kali dari berat badan saat lahirnya. Otak bayi Anda saat usia 1 tahun sudah mencapai 60% dari berat serta besar otak orang yang dewasa. Sesudah kenaikkan berat badan yang begitu pesat pada tahun pertama kehidupan, berat badan pada anak Anda akan menjadi melambat, apalagi sebab aktivitasnya yang semakin bertambah.

Kemampuan Motorik

Motorik ataupun kemampuan dalam bergerak anak Anda pun akan terjadi perkembangan yang sangat berarti. Perkembangan anak usia 1 tahun yang sebaiknya Anda perhatikan yaitu anak Anda telah dapat berdiri dengan sendirinya. Atau bahkan anak sudah bisa melangkahkan kakinya untuk yang pertama kalinya. Jika belum, teruslah dukung anak Anda supaya bisa melakukan kemampuan seperti ini.

Pertumbuhan anak 1 tahun lainnya yang sebaiknya Anda perhatikan yaitu anak Anda semestinya sudah bisa makan memakai jari-jemarinya sendiri. Dan bisa membantu orangtua saat orangtua memakaikan anak baju, dan bisa membolak-balik halaman buku. Anda sudah bisa melatih anak Anda memegang sendok dengan benar, pura-pura dalam mengangkat telepon serta bisa merapikan rambut sendiri. Walau belum bisa melakukannya dengan sempurna, dia telah mengerti tujuan dari pelatihan Anda.

Kebutuhan Nutrisi Anak 1 Tahun

Anda dapat mulai mencoba mengenalkan makanan padat seperti yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun, makanan-makanan padat itu harus diberikan pada bentuk yang gampang dikunyah, ditelan, serta dicerna dalam sistem pencernaan anak Anda. Maka dari itu, potonglah makanan dengan ukuran kecil atau bila perlu dicincang halus. Anda bisa memberi makanan yang bervariasi untuk anak Anda.

Semakin banyak jenisnya, maka semakin baik juga untuk memenuhi keperluan nutrisi pada anak. Anda boleh memberikan Susu sapi dan madu anak saat anak telah berumur satu tahun ke atas. Tak hanya itu, jenis makanan lain bisa juga untuk diperkenalkan, seperti halnya olahan kacang, telur, olahan biji-bijian, dan juga ikan. Apabila keluarga punya riwayat alergi, Anda harus bisa memilih makanan yang tepat untuk anak Anda.

Anda bisa mencoba memberikan nasi merah. Nasi merah terdapat lebih banyak kandungan energi, vitamin B, protein, serta kandungan mineral dari pada nasi putih. Nasi dengan jenis ini juga mempunyai kandungan berupa karbohidrat kompleks yang bisa lebih lama diserap oleh tubuh. Jadi, kadar glukosa darah menjadi sumber energi telah siap pakai jadi lebih stabil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s