Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 11 Bulan

Di saat usia anak 11 bulan, ocehan anak anda semakin terdengar seperti halnya kata-kata yang memiliki makna. Dia juga mulai bisa merapikan mainannya dan juga menamakan benda-benda. Dalam perkembangan anak usia 11 bulan pada umumnya memang akan cenderung membutuhkan teman saat bermain dan juga saat belajar. Bayi dalam usia ini akan mulai belajar konsep untuk berbagi. Sebagai orang tua, peran sangatlah penting saat usia ini. Misalnya mulai menanamkan latihan berbagi dan juga toleransi dengan teman bayi yang lainnya. Anda dapat mengajaknya untuk berdiskusi serta memberikan pemahaman kepada bayi jika teman bayi anda juga hendak ikut bermain bersama bayi anda.

Di dalam perkembangan bayi 11 bulan bayi anda telah dapat mulai menyusun barang. Bahkan anak sudah dapat memisahkan barang-barangnya dengan barang kepunyaan kakak ataupun orang tuanya. Dalam usia ini anak bisa duduk tenang serta menunggu anda membacakan dongenga atau cerita. Bayi sudah begitu tertarik menyaksikan gambar dan bentuk. Berikut ini perkembangan dan pertumbuhan bayi 11 bulan.

Belajar Bicara

Ocehan anak anda akan semakin terdengar. Seorang Ibu dapat mendorong kemauan si Kecil agar semakin tertarik dalam berbicara serta membangun kemampuan berbahasa. Caranya dengan merespon kata-kata dari anaknya. Anak usia 11 bulan mungkin sudah dapat menirukan kata-kata dan juga mulai memahami perintah yang sederhana. Contohnya “Bawa ke sini mainannya.” Atau “Tolong ambilkan sapu itu.” Tegaskanlah perintah itu dengan memakai bahasa tubuh. Contohnya, dengan menunjuk pada benda yang Ibu maksud. Atau, selalu katakan pada anak anda , “Mana bibirmu?” kemudian tunjuklah bibir si Kecil. Anda juga perlu memberikan pujian si Kecil saat ia berhasil dalam berbicara. Dan dia akan menjawab dengan bahasa tubuh atau dengan caranya tersendiri. Contohnya, menggelengkan kepala jika akan mengatakan tidak.

Menamakan Benda-benda

Ketika seorang Ibu kerap mengajarkan nama-nama benda pada anak bayi, maka dia akan semakin cepat dan pandai berbicara. Ajaklah anak anda berbicara dengan sesering mungkin. Seperti, dengan menghitung jumlah anak tangga yang dinaiki, atau menyebutkan nama buah dan warna atau nama sayuran di supermarket. Bacakanlah buku cerita untuk anak anda serta tunjukkan nama dari gambar yang terdapat di buku itu. Atau, seorang Ibu dapat membiarkan anak untuk memilih. Misalnya dalam hal memakai baju merah atau biru. Biarkan dia memilih bermain bola atau mobil-mobilan. Meskipun belum mau menjawabnya dengan kata kata, tapi dia akan menjawab dengan tingkah lakunya.

Merapikan Mainan

Anak kecil sudah bisa diajak untuk merapikan mainannya. Walaupun sebenarnya ia belum mengerti maksud tujuan dari aktivitas itu. Para Ibu dapat membuatnya menjadi sebuah permainan, antara lain memasukkan benda pada wadahnya. Berikan anak anda mainan yang tidak begitu besar untuk dirapikan kembali. Tentu saja, si Kecil pastinya akan memerlukan seorang Ibu untuk mendampinginya.

Kemandirian

Pada usia 11 bulan ini bayi sudah dapat memakai tangan serta jemarinya lebih baik. Untuk itu, sebaiknya latihlah bayi untuk bisa memegang sendok dengan benar. Pada saat anda memakaikan baju pada anak, sudah dapat diajak bekerja sama dengan cara anak mau mengulurkan tangannya.

Agar anak bisa berkembang dan tumbuh dengan normal, orang tua harus selalu berperan untuk melatih perkembangan anak. Dan tentunya juga harus memenuhi kebutuhan nutrisinya baik makanan atau minuman. Supaya anak bisa tumbuh dan berkembang dengan normal dan bisa memiliki kecerdasan yang baik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s