Perkembangan Anak 18 Bulan dan Kebutuhan Nutrisi

Syarat utama saat menilai kesehatan seorang anak yaitu proses perkembangan serta pertumbuhan anak itu. Tumbuh kembang bayi 18 bulan yaitu masa di waktu anak anda terkesan sangat lucu. Amatilah, anak anda sudah jadi pengikut Anda pada setiap saat sekarang. Dia akan mengikuti Anda ke mana saja, saat ini ia juga telah dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Akan tetapi, ia sekarang juga lebih kurang bersabar,jika jauh dari Anda dalam waktu yang terlalu lama. Di masa seperti ini, kesabaran dan juga ketelatenan Anda dalam mengasuh anak sedang diuji.

Bayi usia 18 bulan biasanya memiliki berat badan dari 9 sampai dengan 12 kg. Lalu untuk tinggi tubuhnya dapat mencapai sekitar 76 hingga 84 cm. Pastinya semua bayi memiliki laju perkembangan sendiri-sendiri. Namun anda tidak perlu cemas jika berat serta tinggi tubuh anak anda belum mencapai angka tersebut. Perkembangan anak 18 bulan tampak semakin spesifik jika dibandingkan pada waktu ia masih berumur 12 bulan. Anak anda sudah dapat berjalan tanpa harus berpegangan, bahkan bisa berlari. Dia telah dapat menaiki tangga bersama, menggunakan satu tangan memegangi tangan Anda. Mungkin dia sudah dapat merangkak mundur, ataupun bisa melompat.

Perkembangan Anak 18 Bulan

Secara motorik, perkembangan anak seharusnya mampu menciptakan menara yang terdiri dari 4 balok. Dan seharusnya bisa menulis dengan menmakai pensil. Walaupun masih dalam bentuk coretan vertikal ataupun horizontal. Bahkan kemampuan anak yang lainnya ditandai dengan menggunakan kemampuan saat memecahkan suatu masalah, saat menjangkau mainan yang berada jauh. Dan bisa memakai tongkat guna mengambil mainan.

Dalam perkembangan bicara serta bahasa anak usia 18 bulan. Seorang bayi mampu berbicara 10 sampai 15 kata. Kemampuan anak saat menggabungkan kata serta menyebutkan bagian tubuh anak yang jumlahnya lebih dari satu. Perkembangan berikutnya yangjuga begitu penting yaitu saat anak sudah bisa memahami lawan bicaranya. Pada saat memberikan perintah 2 rangkap, antara lain yaitu berikan bola serta memakai sepatu.

Kebutuhan Nutrisi Anak Pada Usia 18 Bulan

Saat memasuki usia 18 bulan, seorang anak sudah bisa makan makanan bertekstur padat sesuai dengan menu makan keluarga di rumah. Makanan bertekstur padat untuk diberikan pada anak masih harus didampingi dengan ASI. Memberikan ASI seharusnya dilanjutkan sampai dengan usia anak mencapai 2 tahun. Pemberian ASI dan juga makanan untuk perkembangan anaka 18 bulan sesuai dengan menu keluarga bisa membantu untuk melengkapi keperluan nutrisinya.

Dari usia dini sebaiknya anak diterapkan mengenai kemampuan belajar. Untuk makan besar yang sebanyak 3 kali bisa divariasikan dengan snack sebanyak 2 sampai dengan 3 kali. Pemberian snack untuk anak bisa divariasikan, seperti saat memberikan buah-buahan. Tak hanya itu saja, waktu makan pada anak harus bisa dibatasi. Seperti dengan 20-30 menit untuk makan lalu untuk makan snack waktunya sebanyak 10 sampai 20 menit. Meskipun begitu kesabaran menghadapi waktu makan anak akan lama dan juga anak akan cenderung lebih memilih makanan.

Sedangkan untuk makanan yang harus dihindari saat anak berusia 18 bulan yaitu makanan dengan susu yang rendah lemak. Selanjutnya minuman yang bersoda, makanan yang terlalu pedas dan asam, makanan yang punya kandungan gula yang tinggi apalagi dibuat dari pemanis buatan ataupun makanan yang mengandung banyak MSG. Makanan-makanan itu bisa menganggu kesehatan anak anda. Terkadang banyak dijumpai anak batita yang memiliki gigi yang rusak sebab terlalu banyak makan makanan yang terlalu manis seperti permen .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s