Perkembangan Anak 3 Bulan dan Perawatannya

Saat anak usia 3 bulan, bayi anda jadi lebih sadar dengan sekelilingnya. Sebaiknya telah mempunyai jadwal tidur, jadwal makan dan bermain yang lebih teratur. Jadi memungkinkan anda supaya bisa beristirahat lebih lama. Perkembangan anak 3 bulan harus diperhatikan. Merawat bayi yang usianya memasuki 3 bulan memang akan memberikan pengalaman yang khusus bagi para orang tua. Sesudah mulai belajar penyesuaian pada bulan pertama serta kedua, maka untuk bulan yang ketiga juga tak kalah menariknya. Fisik bayi yang sudah mulai besar dan juga semakin lucu. Akan tetapi beberapa orang tua juga khawatir saat ada tanda yang kurang normal pada anak. Dan keadaan ini bisa dikarenakan orang tua terlalu merasa cemas.

Pertumbuhan Fisik Bayi

Pada usia ini bayi sudah menjadi lebih kuat terutama di bagian otot leher serta kepala. Saat Anda membiarkan kepala bayi tegak dengan sendirinya, maka anak hanya butuh didukung dengna gerakan tangan dari jauh. Otot pada bagian atas bayi telah lebih kuat. Khususnya untuk tangan dan juga dada. Jadi saat Anda membuat bayi tengkurap maka anak sudah dapat mulai menahan berat badan pada perut. Sebagian bayi akan mulai memakai tangan guna mencoba bergerak. Otot pada bagian bawah bayi serta kaki juga lebih kuat. Jadi, bayi punya kemampuan yang begitu baik untuk menendang ataupun meluruskan kaki pada saat pada posisi tengkurap ataupun posisisi telentang. Langkah melakukan pijat bayi yang tepat dapat membantu perkembangan dari otot bayi.

Pertumbuhan Motorik Bayi

Perkembangan anak 3 bulan pada pada bagian kepala, tangan serta kaki telah berkembang dengan baik. Apabila Anda membuat bayi posisi duduk dengan memegang pada bawah ketiaknya. Maka, kepala bayi akan tampak begitu kuat. Bayi telah mempunyai sistem koordinasi yang baik. Jadi dapat mengamati perkembangan ini pada saat bayi diberikan mainan. Anak juga dapat meluruskan kaki dan bagian tangan dengan baik. Pada telapak tangan serta kaki sudah dapat menutup dengan cara bersamaan. Sistem motorik bayi telah memgalami perkembangan dengan sangat baik pada bagian mulut.

Bayi 3 bulan sudah begitu senang melakukan komunikasi dengan orang lain. Anak anda akan tersenyum dengan ramah saat disapa ataupun menangis pada saat merasa takut. Bayi juga sudah tidak begitu rewel sebab mereka mulai dapat berkomunikasi serta mengucapkan kata-kata vokal seperti halnya u dan a. Bibir bayi akan berusaha bergerak serta mengenali ekspresi wajah Anda apabila Anda mengajak berkomunikasi dengannya. Jika anak kerap rewel kemungkinan bayi akan merasa nyaman jika anda menggendong.

Perawatan Bayi Usia 3 Bulan

Di usia ini bayi memerlukan waktu istirahat dengan tidur yang cukup lama pada setiap sesi. Maka dari itu, sebaiknya, perhatikanlah nutrisi bayi yang penuh supaya mereka merasa lebih nyaman pada saat tidur. Apabila bayi terlalu sering menangis maka dapat menyebabkan berat badan semakin turun. Banyak para orang tua yang mulai memberikan makanan anak saat anak kerap menangis. Tetapi, hal ini kurang tepat. Sebab bayi masih memerlukan ASI ataupun susu formula menjadi asupan terbaik. Guna mengembangkan kemampuan sosial pada bayi, maka ajaklah bayi Anda lebih kerap keluar seperti halnya berjalan-jalan saat pagi hari. Di usia 3 bulan ini, bayi akan merasa gembira saat menjumpai dengan objek alam. Serta menjadi metode guna mengenalkan berbagai macam warna yang nyata.

Aabila bayi Anda kerap rewel maka Anda dapat memberikan hiburan untuk bayi dengan cara bermain mata atau dengan ci luk baaa. Anak Anda mungkin menjadi begitu sensitif serta mempunyai banyak keinginan. Pada saat bayi masuk dalam tahap ini maka cobalah untuk kerap memberikan kontak mata yang lebih hangat. Langkah ini dapat membantu bayi agar menjadi merasa lebih tenang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s