Perkembangan Anak 11 Bulan Dalam Fisik dan Motoriknya

Perkembangan anak 11 bulan akan terus dinantikan oleh para orang tua sesudah menunggu selama 10 bulan. Para orang tua mulai membuat perbandingan antara kemampuan anak dengan lingkungan sosial. Berbagai pengaruh seperti halnya faktor kesehatan bayi sejak kecil dapat menjadikan bayi mengalami perkembangan lebih cepat ataupun lebih lambat. Anak sudah dapat bergerak dengan lebih baik ataupun mungkin bisa berjalan. Akan tetapi, beberapa anak baru berlatih berdiri dan menjadikan para orang tua merasa cemas. Bayi yang dilahirkan dengan normal atau dilahirkan dengan prematur bisa mengalami perkembangan yang sama.

Anak yang usia 11 bulan ini telah dapat berlatih guna keluar dari dirinya sendiri. Lalu pada umumnya mereka akan cenderung memerlukan teman untuk bermain serta belajar. Bayi dengan usia 11 bulan akan sering membaur dengan bayi yang lainnya. Bayi usia ini telah berlatih mengenai konsep berbagi. Yang dimaksudkan dengan konsep berbagi ini yaitu anak yang sedang bermain dengan temannya akan merasa asik bermain dengan mainan mereka. Apabila ada teman anak anda yang merasa hendak memainkan salah satu mainan dari anak anda. Maka anak anda telah belajar untuk membagikan mainan kepada bayi lainnya. Atau bisa meminjamkannya pada temannya itu.

Tips Untuk Perkembangan Anak 11 Bulan

Ada hal yang harus orang tua lakukan untuk perkembangan anak 11 bulan. Seorang ibu dianjurkan memanfaatkan waktu saat malam hari guna mulai memberikan cerita dari buku dongeng anak sebagai pengantar tidur. Orang tua melatih anaknya agar rajin membaca serta mengenal beberapa kata. Jadi bayi akan mudah dalam mengingat, berkonsentrasi serta mengungkapkan sebuah kalimat. Dianjurkan ibu mulai melarang bayi saat memasukkan sesuatu yang bukan termasuk makanan pada mulutnya. Sebab akan berdampak buruk untuk kesehatan perut serta kesehatan tubuh yang lainnya. Seorang Ibu harus benar benar bersabar dalam melatih serta mendampingi anak. Sebab, semua perkembangan anak itu memerlukan waktu.

Pertumbuhan Fisik Bayi

Bayi mempunyai kaki serta punggung yang semakin bertambah kuat. Bayi bisa duduk sempurna.  Dalam masa ini bayi Anda akan merasa senang berdiri. Kemudian duduk lagi dengan posisi yang langsung. Nah, disini mungkin anak anda sudah tidak memerlukan banyak bantuan guna merubah posisi dari berdiri ke posisi duduk. Anak Anda akan mempunyai lengan yang kuat. Sebab itu bayi mulai dapat mencengkeram baju ataupun bagian tubuh dari orang tua. Anak usia 11 bulan bisa merebut mainan ataupun benda lain yang sangat menarik menurut bayi. Bayi juga dapat menggerakkan jari tangan dengan baik. Pada saat memegang berbagai macam benda ringan seperti halnya cangkir ataupun plastik.

Anak Anda gemar menggerakkan tangan dan juga jarinya. Jadi mereka pada umumnya akan melempar bermacam benda yang dipegang di arah samping. Bayi sudah dapat memperoleh keseimbangan kaki serta lutut yang baik. Beberapa bayi sangatlah gemar untuk naik turun tangga. Sebab menurut mereka hal ini sangat menyenangkan. Awasilah supaya bayi tidak terjatuh pada saat mulai menaiki sebuah tangga. Dalam umur 11 bulan, anak sudah senang berjalan cepat guna mengejar mainan ataupun benda yang menurutnya menarik. Dalam masa ini para orang tua biasanya meletakkan bayi pada baby walker guna membantu berjalan.

Pertumbuhan Motorik Bayi

Di umur 11 bulan, bayi Anda punya naluri agar bergerak sendiri dan tidak begitu suka didampingi. Anak mulai mencari bermacam benda yang dapat dipegang ataupun menjadi tumpuan badan saat mulai berdiri. Beberapa anak bahkan telah dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari orang dewasa. Bayi sudah mempunyai keseimbangan yang baik. Jadi, mereka mulai bermain juga belajar berdiri dengan satu kaki. Anak Anda usia 11 bulan mulai bisa menggerakkan kaki ke atas. Lalu mereka mulai gemar untuk mencoba memanjat sofa ataupun perabot yang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s