Menu Mpasi 7 Bulan Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Saat bayi memasuki usia 7 bulan, Makanan Pendamping ASI (MPASI) sudah seharusnya diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Dalam perkembangan saat usia 7 bulan, bayi anda telah bisa mengembangkan gerakan-gerakan yang ringan. Misalnya saja seperti mulai menggerakan badan untuk meraih benda-benda yang berda dekat disekitar bayi anda. Tak hanya itu saja, perubahan secara fisik juga ditandai dengan terdapatnya pertumbuhan gigi (walaupun tidak menutup kemungkinan jika bayi anda mengalami tumbuh gigi di usia lebih awal ataupun tertinggal). Perkembangan yang semakin pesat pada usia 7 bulan membuat anda jadi berhati-hati supaya tumbuh kembang bayi anda jadi tidak terganggu. Termasuk dengan cara menjauhkan benda-benda yang dinilai berbahaya yang ada di dekat bayi anda.

Hal yang tidak kalah penting yaitu pada saat usia 7 bulan bayi anda sudah memperoleh MPASI. Makanan bayi pendamping Asi yang benar akan memberikan nutrisi yang diperlukan sesuai dengan masa perkembanganĀ  bayi anda. Nah, bagi anda yang masih kerepotan dalam memberikan makanan pendamping asi pada bayi 7 bulan sebab porsi makan yang dinilai terlalu sedikit kerap khawatir jika bayi mengalami kekurangan gizi. Sehingga terkadang memaksa menyuapi bayinya pada jumlah yang banyak. Sebenarnya, dengan perutnya yang kecil, umumnya anak usia dibawah satu tahun hanya memerlukan sekitar satu sendok makan penuh dalam satu waktu makan.

Menu Mpasi 7 Bulan

Memberikan MPASI buatan rumahan yang sehat masih berlanjut pada usia bayi yang menginjak usia 7 bulan. Pada usia bayi yang mulai menginjak 7 bulan berarti semakin banyak variasi yang dapat dirasakan oleh anak anda. Pemakaian telur, ayam dan juga pemakaian ikan sudah dapat anda dicoba. Anda juga akan semakin hapal dengan sesuatu yang bisa dan tidak bisa anak anda makan. Dan juga juga kebiasaan-kebiasaan lain yang mungkin dapat membantunya agar makan menjadi lebih lahap lagi. Dalam tahapan ini juga, tekstur serta kekentalan sedikit demi sedikit ditambahkan menjadi lebih padat dan kental terus menerus sampai anak terbiasa dengan makanan yang bertekstur padat. Berikut ini menu mpasi 7 bulan.

Bubur Alpukat, Pisang dan Mangga

Alpukat merupakan buah yang terdapat kandungan lemak alami tidak jenuh. Terdapat juga asam folat yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Dicampurkan dengan buah pisang yang memiliki kalori tinggi. Campuran alpukat serta pisang baik sekali untuk anda yang ingin menaikan berat badan pada bayi anda. Langkah membuatnya sangat mudah. Campuran buah alpukat serta pisang sebetulnya sudah cukup dalam membuat MPASI untuk 2 porsi. Selain itu tekstur buahnya juga mirip. Penambahan jenis buah yang rasanya tidak sama atau yang mirip memberikan inovasi baru untuk penerimaan rasa baru untuk bayinya. Ambillah kurang lebih sekitar 25 gram daging alpukat. Ambil pada bagian kuningnya saja. Lalu campurkanlah dengan satu buah pisang ambon berukuran kecil serta 25 gram daging buah mangga harum manis. Lembutkan dengna blender sampai benar-benar lembut. Segera sajikan untuk anak anda.

Apel dan Buah Pir

Buah Apel dan buah pir merupakan makanan pendamping asi yang baik. Sebab kedua buah itu mudah dicerna dan jarang menimbulkan alergi. Selain itu, tekstur apel serta pir lembut serta banyak mengandung air. Apel dan juga pir banyak terdapat kandungan pektin yang bisa memperlambat saat bayi Anda mengalami diare. Bagi anda yang tidak suka memakai gula garam serta penyedap tambahan untuk anak bayi anda, anda dapat menambahkan sedikit bumbu rempah-rempah yang dapat meningkatkan nafsu makan. Sebab aroma serta rasa dari rempah-rempah itu bisa menambah nafsu makan bayi. Misalnya pada resep ini memakai sedikit kayu manis untuk menambah rasa pada apel dan juga pir.

Cara membuatnya sangat mudah untuk anda praktekkan di rumah. Ambillah satu buah daging apel dan daging buah pir yang telah dikupas dan dibuang kulitnya. Potong dalam bentuk dadu. Selanjutnya kukus buah apel dan buah pir kurang lebih selama 15 menit ataupun hingga tekstur jadi empuk. Masukanlah buah apel, pir serta sejumput bubuk kayu manis. Kemudian hancurkanlah hingga menjadi lembut. Lalu sajikan.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s