Mengenali Suhu Tubuh Normal Bayi dan Cara Mengukurnya

Sebagai para orang tua, penting sekali mengetahui suhu tubuh normal bayi supaya cepat menngetahui saat suhu naik atau saat anak Anda mengalami demam. Sesungguhnya demam itu bukanlah merupakan penyakit, akan tetapi merupakan gejala penyakit. Demam timbul pada saat sistem imunitas bekerja melawan suatu penyakit. Dan pada saat melawan infeksi seperti halnya virus ataupun bakteri. Walaupun begitu, beberapa kondisi pada waktu suhu tubuh naik pada bayi harus selalu diwaspadai serta segera berkonsultasi dengan dokter terdekat anda.

Fase pertumbuhan  bayi termasuk masa yang sangatlah penting. Banyak sekali hal yang menjadikan orang tua merasa khawatir. Salah satunya adalah karena demam. Demam telah menjadi sesuatu yang ditakuti sebab demam termasuk penanda adanya penyakit. Serta sering sekali demam telah berkembang menjadi keadaan yang lebih buruk. Namun sebelum mengetahui tentang demam, terlebih dahulu orang tua harus mengenali suhu tubuh normal bayi. Kemampuan anak mengatur panas digambarkan oleh suhu tubuh pada anak. Panas itu disebabkan oleh aktivitas serta proses metabolisme. Pengaturan panas juga diatur oleh bagian dari otak yang bernama hipotalamus. Bayi memang cenderung mempunyai suhu tubuh yang lebih tinggi jika dibandingkan anak yang usianya lebih tua, sebab metabolismenya yang lebih cepat.

Kisaran Suhu Tubuh Normal Bayi

Demam pada bayi disebabkan oleh beberapa faktor antara lain ketika tertular pilek ataupun terjadi infeksi virus lainnya. Ada juga faktor penyebab lain seperti halnya radang paru (pneumonia), infeksi telinga, infeksi saluran kemih, atau infeksi lain yang lebih serius lagi seperti halnya meningitis. Tak hanya itu, suhu tubuh pada bayi dapat naik sewaktu waktu pada saat berpakaian yang terlalu tebal. Atau terlalu banyak berada pada daerah yang panas. Atau bisa juga sebagai reaksi terhadap vaksinasi yang dilakukan pada bayi anda.

Bayi mengalami demam umumnya akan ditandai dengan gejala hangat pada saat disentuh pada bagian dahi, punggung, serta bagian perut. Pipi bayi akan terlihat berwarna agak kemerahan serta terkadang bayi terasa berkeringat. Suhu normal pada bayi diukur per rektal punya kisaran dari mulai 36,6 sampai dengan 37 derajat Celcius. Suhu tiap rektal di atas 38 derajat Celcius ini telah dianggap mengalami demam. Para orang tua disarankan untuk mewaspadai demam 38 derajat Celcius ke atas untuk bayi pada usia dibawah 3 bulan. Atau demam yang mencapai 39 derajat Celcius ke atas saat bayi berusia 3 hinggs 6 bulan. Segera konsultasikan dan bawa anak anda ke ahli dokter anak agar disarankan cara mengatasi demam pada anak yang tepat.

Tak hanya itu saja, segeralah berkonsultasi dengan dokter anak apabila demam pada bayi disertai dengan gejala lain. Misalnya seperti ruam, sulit bernafas, kejang demam, atau sulit untuk minum. Anda juga sebaiknya mewaspadai demam yang terdapat gejala dehidrasi pada bayi anda. Seperti halnya mulut kering, menangis tanpa mengalir air mata, ubun-ubunnya terlihat cekung ke dalam, ataupun frekuensi buang air kecil yang terlalu sedikit.

Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi

Untuk mengetahui suhu normal bayi bisa dilakukan dengan cara menyentuh dahi bayi. Ini termasuk gejala umum dari demam. Akan tetapi, belum tentu kenaikan suhu tubuh itu termasuk demam. Guna memastikan suhu tubuh pada bayi, Anda sebaiknya memakai termometer. Termometer yang dianjurkan untuk bayi dan juga anak yaitu termometer digital. Karena termometer raksa dinilai ada resiko beracun bila pecah. Termometer rektal yang dipakai pada dubur adalah termometer yang dianggap paling akurat serta mudah dipakai pada bayi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s