Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Paling Aman

Dahak, yang ada di dalam rongga hidung dan juga tenggorokan, memiliki fungsi dalam menjaga saluran pernafasan supaya tetap bersih, lembab, dan juga tetap segar. Dalam kondisi tidak sakit pun dahak akan tetap ada pada saluran pernafasan seseorang. Namun pada saat dalam kondisi sakit, produksi dahak akan menjadi lebih banyak. Pada saat usia bayi, saluran pernafasannya masih begitu kecil, sehingga seorang bayi belum mampu mengeluarkan dahak dengan sendirinya seperti halnya orang dewasa. Produksi dahak yang berlebih pada usia bayi akan menjadikan bayi tidak merasa nyaman, batuk secara terus-menerus. Selan itu juga akan merasa sulit tidur, sulit menelan, dan beresiko tersedak.

Pada saat anak sedang mengalami batuk atau sedang terserang pilek, hal yang begitu terasa mengganggu pada si kecil adalah ketika dahaknya sulit untuk dikeluarkan. Dan tentu saja ini akan dapat mengganggu jalannya udara pada saluran nafasnya. Tidak seperti halnya pada orang dewasa, akan tetapi diperlukan trik dan cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan efektif dan tentunya tanpa membahayakan pada si kecil. Memberikan obat sebagai penghilang dahak sebaiknya harus dihindari, Sebab obat-obatan yang tidak diperbolehkan saat anak menginjak usia dibawah 4 tahun. Berikut ini cara mengeluarkan dahak pada bayi.

Perbanyak Minum

Pada saat bayi Anda mengalami masalah batuk dan juga pilek, produksi dahak yang berlebih hanya termasuk salah satu dari beberapa gejala yang mungkin terjadi. Bayi Anda mungkin juga akan mengalami demam. Anda juga harus mengetahui cara menurunkan panas pada anak. Pemberian asupan cairan yang memiliki banyak fungsi dalam menjaga bayi supaya tidak dehidrasi dan juga untuk membantu menurunkan suhu tubuh pada anak. Dahak yang terlalu kental akan sangat sulit untuk dikeluarkan, sehingga si kecil sering menangis, tidak mau makan dan tentunya juga akan mengalami demam.

Dalam mengencerkan dahak yang sudah terlalu kental bisa dilakukan dengan cara minum banyak cairan. Akan tetapi jika bayi Anda masih berusia di bawah usia 6 bulan, susuilah bayi Anda dengan frekuensi sesering mungkin. Apabila bayi Anda tidak mau menyusu dengan cara langsung, coba perahlah ASI Anda kemudian mintalah tolong pada orang lain untuk memberikannya. Hindarilah memakai dot sebagai media dari pemberian ASI perah. Supaya sang bayi Anda tidak bingung pada saat puting Anda kembali menyusuinya dengan cara yang langsung. Sedangkan jika bayi Anda sudah berusia di atas 6 bulan, maka selain memberkan cairan ASI, berikanlah juga cairan dalam bentuk yang lain. Seperti halnya air putih, jus buah, ataupun sup yang hangat dan juga berkuah. Sebagai usaha dalam menjaga daya tahan tubuhnya supaya tetap kuat dalam melawan penyakit, berikan juga makan seperti yang biasa anda berikan.

Uap Air Hangat

Seiapkanlah baskom yang telah berisi air hangat, kemudian berikanlah beberapa tetes minyak kayu putih. Dan setelah itu letakkan di dekat bayi agar uapnya bisa terhirup atau uapkan pada wajahnya. Cara mengeluarkan dahak pada bayi ini mirip dengan terapi uap yang bisa membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak. Selain itu juga bisa membuka saluran hidung yang tersumbat, bisa juga untuk melegakan pernafasan. Dengan demikian dahak pun menjadi mudah untuk dikeluarkan. Hati-hatilah pada saat meletakkan air panas, jangan sampai gampang terjangkau oleh bayi, sebab dikhawatirkan bisa membuatnya terluka. Semua ini untuk kesehatan anak.

Oleskanlah balsem khusus ataupun minyak kayu putih di area dada bayi serta disekitar leher.Sedangkan rasa hangat yang ditimbulkan akan bisa membantu mengencerkan dahak serta uap hangat yang dihirup dimungkinkan bisa melegakan pernafasan. Cara demikian juga akan memberikan rasa hangat di area tubuh bayi yang menenangkan. Pastikanlah untuk tidak terlalu banyak menggunakannya supaya bayi tidak merasa kepanasan.

One thought on “Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Paling Aman

  1. Pingback: Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Paling Aman | Madu dan Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s