Umur Berapa Bayi Bisa Duduk Dengan Tanpa Bantuan

Dalam satu tahun yang pertama banyak perkembangan penting pada bayi. Perkembangan yang kerap dipertanyakan adalah sebenarnya umur berapa bayi bisa duduk. Ssudah berbulan-bulan keadaan berbaring, ada saatnya bayi merubah dengan posisi duduk. Hal ini sangat diharapkan oleh kedua orang tua, supaya bayinya bisa duduk sesuai dengan umurnya. Akan tetapi anda harus tau secara normal umur berapa bayi bisa duduk, baik itu duduk sendiri atau ditopang. Pada saat bayi berusia 3 atau 4 bulan, bayi mulai berusaha mengangkat-angkat bagian kepalanya. Ini adalah cara dia untuk melatih otot-otot leher untuk modal utama supaya mampu duduk.

Perkembangan bayi untuk bisa duduk didukung dengan kemampuan motorik kasar. Seperti halnya otot yang kuat pada bagian leher, bahu, perut, punggung, serta bagian pinggang. Selanjutnya kemampuan motorik halus seperti halnya menyentuh, menggenggam dan juga berekspolarasi akan mengkuti. Semakin sering bayi berlatih maka lama kelamaan akan mampu untuk duduk tegak walaupun dengan sedikit bantuan. Lama kelamaan bayi akan menemukan kenikmatan serta akan terus berusaha untuk melakukannya. Kemudian hari bayi bisa duduk sendiri dengan tegak tanpa harus dibantu.

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk Sendiri

Memang berbeda perkembangan dari bayi, namun sebagian besar bayi akan dapat duduk dengan bantuan (ditopang) dari usia 3 sampai 5 bulan. Pada waktu memasuki usia 6 bulan, mungkin bayi telah mengembangkan otot-otot leher. Dan tubuh bagian atas serta otot punggung untuk bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Tetapi, untuk beberapa bayi, perkembangan untuk bisa duduk sendiri tanpa bantuan dapat mencapai usia 9 bulan. Khususnya jika bayi menghabiskan banyak waktu pada posisi berbaring pada tempat tidurnya tanpa harus dilatih duduk. Saat umur 7 bulan, bayi mungkin bisa masuk pada posisi duduk sendiri dengan mendorong naik dari perutnya. Namun sebagian besar bayi harus ditarik pada posisi duduk oleh orang tua hingga sekitar 11 bulan. Perhatikanlah perkembangan bayi usia 11 bulan ini.

Disaat usia 4 bulan, kemungkinan bayi akan bisa menahan kepalanya dengan stabil saat badan ditopang dalam posisi setengah berbaring. Namun, kepala masih belum begitu kuat untuk ditarik pada posisi duduk. Membantu bayi guna melatih otot-otot leher serta bahu supaya bisa menopang kepala begitu penting. Anda bisa menarik secara perlahan saat bayi terlentang pada posisi duduk dan sedikit topangan di kepala. Ketika bayi sudah dapat ditarik tanpa ditopang kepalanya. Dengan begitu bayi sudah siap untuk diajak duduk dengan bantuan, ditopang ataupun disandarkan di pangkuan.

Proses Perkembangan

Usaha yang dilakukan agar bisa duduk dimulai sejak bayi masih berusia empat bulan atau berusia lima bulan. Akan tetapi, bayi tidak dapat langsung melakukannya dengan seketika. Mereka akan mengawalinya dengan cara memiringkan badan terlebih dahulu. Dan selanjutnya belajar memakai lengan untuk menahan badannya. Kemudian pada saat bayi telah menginjak usia lima bulan atau usia enam bulan, otot punggungnya sudah bisa kuat bagi bayi untuk melanjutkan kemampuan duduk walaupun masih banyak dibantu dengan lengan. Namun, hanya saja pada saat usia ini, kemampuan duduk bayi belum bisa dikatakan stabil. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dari otot punggung serta keseimbangan tubuh, maka kemampuan duduk seorang anak juga akan semakin stabil.

Guna mendukung perkembangan bayi dan kemampuan bayi bisa duduk dengan normal, orang tua bisa berperan dalam membantu. Dengan cara perlahan, angkatlah badannya pada saat bayi masih dalam posisi terlentang. Kemudian gerak-gerakan sampai badannya terangkat. Dan sampai posisi duduk selama beberapa waktu. Pakailah suara-suara yang menarik supaya bayi bisa tertarik dan latihan ini lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s