Inilah Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil Yang Sehat

Saat saat kehamilan merupakan masa yang dinanti nanti, terutama untuk pasangan yang menginginkan segera mempunyai momongan. Memang terjadi banyak perubahan semasa kehamilan seperti halnya bentuk tubuh sang ibu, hingga sampai suplemen atau gizi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satudiantaranya yaitu makanan penambah darah untuk ibu hamil, buah buahan, protein, vitamin, dan juga zat gizi lain yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan janin.

Pada saat hamil, wanita akan merasakan tubuhnya kurang mampu untuk bekerja seperti biasanya secara maksimal. Kaum wanita yang sedang mengandung juga sering merasakan kepala pusing, mual, letih, sesak nafas dan juga keluhan lainnya. Wanita hamil bisa mengalami kekurangan darah bisa diakibatkan karena kurang asupan zat besi yang dimakan pada setiap harinya. Sedangkan pola makan yang terganggu disebabkan karena rasa mual, dan faktor yang lainnya. Oleh sebab itu untuk mengatasi permasalahan anemia ataupun kekurangan darah pada ibu yang mengandung dapat dengan makan makanan yang sehat. Sehingga bisa menambah darah agar asupan gizi pada tubuh dapat dipenuhi. Makanan merupakan salah satu penyumbang darah yang paling besar yang dapat mengembalikan tekanan darah agar menjadi normal kembali. Ini juga berpengaruh untuk kesehatan anak dalam kandungan.

Sayuran Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Anda juga dapat makan berbagai macam sayuran guna meningkatkan kadar hemoglobin dari tubuh. Dan membuat orang hamil terhindar dari anemia. Sayuran begitu baik dikonsumsi untuk ibu mengandung sebab didalamnya terdapat serat, nutrisi serta vitamin. Tak hanya itu, sayuran juga terdapat zat besi. Dan bila dikonsumsi pada jumlah cukup akan menghindarkan ibu hamil dari resiko anemia. Dan jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi seorang ibu mengandungl yang kekurangan darah yaitu sayuran hijau. Sebab terdapat zat besi yang lebih tinggi jika dibandingkan sayuran lainnya. Contoh sayuran yang banyak kandungan zat besi yakni bayam, brokoli, kacang panjang, sawi, lobak, kacang polong hijau serta kacang merah.

Jus Buah Penambah Darah

Selain sayuran hijau dan makanan, buah-buahan juga sangat bervitamin untuk penambah darah ibu yang sedang hamil. Biasanya buah mengandung banyak sekali vitamin A, vitamin B kompleks serta vitamin C yang seluruhnya bagus untuk kesehatan ibu dan juga janin. Akan tetapi, guna meningkatkan hemoglobin dalam tubuh, lebih baik anda mengkonsumsi buah yang banyak kandungan zat besi seperti halnya alpukat, apel, semangka dan juga kurma. Keempat dari buah itu mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi. Anda dapat mengkonsumi buah buahan tadi menjadi jus yang sangat menyegarkan.

Banyak Mengkonsumsi Buah-Buahan

Buah buahan banyak sekali mengandung vitamin sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan anemia atau bisa disebut kekurangan darah yang terjadi pada ibu hamil. Buah buahan juga telah tebukti sebagai buah pelancar peredaran darah serta baik untuk kesehatan tubuh ibu yang sedang mengandung. Oleh sebab itu pada waktu wanita sedang hamil disarankan untuk secara rutin mengkonsumsi buah-buahan yang masih segar. Misalnya mengkonsumsi buah tomat pada setiap harinya. Tomat banyak mengandung vitamin A dan juga vitamin C yang bisa menambah darah untuk ibu yang sedang hamil. Selain tomat, apel juga mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang bisa menjadi sarapan tepat untuk penderita yang kurang darah. Kandungan vitamin C yang ada pada buah jeruk bisa memperbanyak sel darah merah pada dalam tubuh serta begitu baik untuk penderita anemia. Buah juga baik untuk perkembangan anak dalam kandungan.

Mengkonsumsi Daging

Daging termasuk salah satu makanan yang banyak mengandung zat besi yang cukup tinggi. Sehingga sangat baik untuk menambah darah pada ibu yang sedang mengandung. Dengan mengkonsumsi daging, ini akan membantu penambahan sel darah merah yang ada pada tubuh. Akan tetapi, jangan mengkonsumsi daging berlebihan atau terlalu banyak, sebab daging meningkatkan kolesterol yang ada pada tubuh ibu hamil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s