Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Mudah dan Aman

Cegukan tidak hanya dialami oleh orang yang dewasa saja, akan tetapi bayi pun juga sering mengalami masalah cegukan. Cara menghilangkan cegukan pada bayi bisa dilakukan secara aman dan mudah. Anda semua yang telah menjadi ayah serta bunda tentu merasa cemas serta khawatir saat anak anda sakit. Apalagi jika bayi mengeluarkan suara yang aneh dengan cara ulang-ulang seperti halnya cegukan. Sebetulnya cegukan terjadi akibat kedutan yang asalnya dari difragma yang terjadi secara ulang-ulang tanpa dapat dikontrol. Kontraksi pada diafragma ini yang mengakibatkan pita suara menjadi tertutup serta menghlangi suplai udara ke paru-paru.

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Penyebab cegukan lainnya yaitu akibat bayi tertawa pada waktu makan serta minum. Antara proses menelan makanan serta air bersama senda gurau yang menjadikan bayi tertawa dan dapat membuat bayi cegukan. Para orang tua janganlah khawatir, cegukan termasuk hal normal dan umumnya sembuh sendiri pada waktu beberapa menit. Atasilah cegukan bayi dengan benar yaitu bayi diistirahatkan dan jangan mengganggu saat sedang makan, minum ataupun sedang menyusui ASI. Sebab seringkali rasa sayang orang tua ditunjukkan dengan mengajak bayi aktif bercanda. Namun, pada waktu makan serta minum, biarkanlah anak anda merasa kenyang.

Anda tidak usah khawatir sebab seiring dengan berjalannya waktu, cegukan yang dialami oleh bayi akan menghilang. ini disebabkan bayi sudah mempunyai keseimbangan dalam sistem tubuh bayi  seiring dengan bertumbuhnya usia bayi anda. Dan menjadikan bayi anda tidak akan kerap mengalami cegukan. Cegukan memang bukan merupakan sebuah tanda yang membahayakan. Namun, jika dibiarkan akan dapat menggangu kenyamanan pada bayi anda. Berikut ini cara mengatasi cegukan pada bayi.

Usahakan Bayi Bersendawa Setelah Mendapatkan ASI

Setelah bayi anda minum ASI, buatlah bayi menjadi bersendawa. Ini merupakan salah satu cara dalam mengurangi bayi anda yang mengalami cegukan. Dengan bersendawa, bayi anda bisa mengeluarkan udara yang banyak dalam dalam perutnya. Tak hanya itu, dengan bersendawa bisa melepaskan kejang otot dan bisa menghentikan cegukan yang bayi anda alami. Untuk mebjadikan bayi anda bersendawa langkah yang anda lakukan ialah dengan membuat bayi anda berdiri. Selanjutnya anda memposisikan badan bayi anda ada pada bagian pundak, dan menjadikan badan bayi anda sejajar di pundak anda.

Pijat Perlahan Bagian Belakang

cara menghilangkan cegukan pada bayi memang memerlukan cara tertentu, yang dapat membuatnya tenang jika anda bisa memijat pada bagian belakang. Maksudnya hal ini yaitu dengan cara menggosok punggung bayi dengan tenang. Ini bisa menjadikan cegukan yang dialami bayi anda bisa berkurang. Anda tidak perlu merasa khawatir sebab cegukan sementara waktu tidak akan membuatnya mengalami hal yang berbahaya.

Ubahlah Posisi Ketika Menyusui

Pada waktu bayi anda memperoleh kebutuhan gizi dari ASI maka seringkali bayi anda menelan udara yang berlebih. Ini yang memicu terjadinya masalah cegukan. Saat bayi anda sedang minum asi dan mengalami cegukan maka yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengubah posisi saat menyusui bayi anda. Sehingga bisa membatasi jumlah udara yang masuk pada mulutnya. Jika bayi menjadi lebih sering mengalami masalah cegukan, lebih baik anda menghentikan untuk sementara air susu, ditakutkan akan membuatnya jadi tersendak.

Demikianlah cara menghilangkan cegukan pada bayi yang bisa anda coba dengan cepat dan mudah. Dengan cara alami ini, bayi anda akan tidak mengalami cegukan lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s