Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Menyusui sangat dianjurkan untuk ibu yang baru saja melahirkan anaknya. Karena kegiatan ini mempunyai manfaat yang baik pada kesehatan. Bahkan sebuah penelitian menunjukan bila bayi yang menyusui mempunyai resiko yang rendah pada serangan penyakit pada perut. Terserang virus dan infeksi telinga. Selain itu, anak-anak yang memperoleh ASI juga mempunyai resiko yang rendah pada pengembangan alergi serta obesitas. Dan mempunyai efek yang baik pada kecerdasan anak.

Sama halnya saat ibu hamil, makanan yang bernutrisi juga sama pentingnya dijaga saat periode menyusui. Ibu yang menyusui sebaiknya dapat mengatur serta memahami makanan apa saja yang harus masuk pada tubuhnya. Hal ini untuk memperlancar dan juga memperbanyak produksi ASI. Dan tentunya juga untuk kesehatan dan perkembangan bayi tercinta. Tetapi, sampai saat ini masih banyak ibu baru yang kurang mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi waktu menyusui serta makanan apa saja yang harus dihindari. Berikut ini makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.

Ikan Laut Dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Pada umumnya makanan ibu menyusui memang memerlukan protein yang tinggi, termasuk juga protein nabati dari ikan. Tapi lebih baik ibu menyusui tidak makan ikan laut ataupun makanan laut yang terdapat merkuri tinggi. Merkuri dapat masuk ke dalam tubuh ibu dan berikutnya diterima oleh bayi dari ASI. Zat merkuri dari ikan dapat menyebabkan keracunan ataupun resiko penyakit kanker di masa akan datang. Beberapa ikan yang terdapat zat merkuri yaitu ikan tuna sirip kuning, makarel, tongkol laut dan juga hiu. Jika akan makan ikan, anda bisa makan ikan dengan jenis salmon.

Coklat

Ibu yang sedang menyusui juga tidak dapat menerima kafein. Sebab kafein dapat menimbulkan dampak yang serius pada bayi. Bayi Anda masih begitu kecil untuk mendapat kafein. karena bisa menimbulkan dampak seperti halnya perut kembung pada bayi, atau bayi sering menggeliat. Bisa juga bayi kerap buang angin atau mengalami diare, mual dan juga muntah. Coklat merupakan jenis makanan yang mengandung kafein. Dan kandungan kafein pada coklat dengan berat 100 gram dapat mencapai 5 – 35 mg kafein. Teh dan kopi juga mengandung kafein. Ini merupakan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.

Makanan Pedas

Makanan yang memiliki bumbu dan juga mempunyai cita rasa pedas memang sangatlah menggoda untuk dikonsumsi. Apalagi bila cuaca sedang terasa panas, keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang rasanya pedas akan semakin bertambah berselera. Hanya saja, untuk makanan berempah seperti halnya kayu manis, kari, cabai dan juga paprika tidak baik pada kesehatan dan juga sistem pencernaan bayi. Untuk itu lebih baiknya, kurangilah mengkonsumsi terhadap makanan yang memiliki rasa pedaz ini. Supaya kesehatan bayi bisa terjaga dengan baik.

Brokoli

Brokoli memang termasuk sayuran yang kaya dengan nutrisi dan mempunyai kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Namun sayangnya, brokoli dan juga kembang kol bisa menyebabkan masalah dalam sistem pencernaan bayi yang akan menjadikan bayi mulas dan juga sering buang angin. Hal ini disebabkan efek gas yang terdapat pada brokoli yang menjadikan bayi ingin selalu buang angin. Untuk itu, lebih baiknya anda hindari mengkonsumsi makanan yang terdapat brokoli ataupun kembang kol dalam sementara waktu, selama anda masih menyusui.

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang dilarang untuk ibu yang sedang menyusui. Semoga bisa bermanfaat bagia anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s