Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui Yang Perlu Anda Tau

Hingga usia dua tahun, bayi mengalami perkembangan otak yang begitu cepat bila dibandingkan dengan perkembangan kesehatan otak pada periode lainnya. Ini merupakan hal yang seharusnya tidak diabaikan oleh seorang ibu terutama yang pertama mempunyai anak. Perkembangan otak yang begitu cepat ini seharusnya ditanggapi dengan usaha yang tepat guna mendukung tumbuh kembang dari bayi. Tentunya tidak hanya dari sisi perkembangan otak saja. Mempunyai bayi yang cerdas merupakan dambaan semua para ibu. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak seorang ibu yang giat berusaha guna memenuhi keperluan sang bayi. Termasuk dengan menyantap makanan yang mungkin sebenarnya bukan termasuk menu makanan sehat yang disukai.

Ibu menyusui pada umumnya tidak perlu melakukan perubahan untuk jadwal ataupun jumlah gizi makanan saat sedang menyusui. Terdapat hal yang penting, makanan untuk ibu menyusui harus dapat memberikan nutrisi yang cukup, baik untuk ibu sendiri maupun untuk perkembangan bayi. Makanan untuk ibu yang sedang menyusui harus lebih diperhatikan sebab kesehatan yang harus dijaga tidak hanya sang ibu saja, akan tetapi anaknya juga harus dijaga kesehatannya. Seorang ibu akan merasa senang jika bisa memberikan ASI eksklusif pada anaknya. Berikut ini makanan yang baik untuk ibu menyusui.

Gandum Utuh Dan Nasi Merah

Kebutuhan akan karbohidrat yang dapat diperoleh dari nasi serta roti tentu saja harus dipenuhi. Agar tidak hanya karbohidrat saja yang masuk, kadang kala gantilah menu ini menggunakan makanan dengan bahan gandum utuh yang lebih kaya akan serat. Makanan dengan jenis ini juga mempunyai manfaat yang begitu baik untuk ibu sertz bayi. Sebab banyak mengandung asam folat. Tak hanya gandum utuh, nasi merah dapat dijadikan alternatif sebab dapat menyediakan kalori dalam produksi ASI dengan kualitas yang tinggi.

Buah dan Sayuran

Buah serta sayuran mempunyai aneka mikronutrisi yang memiliki peran penting pada perkembangan ibu dan juga anak. Serat yang terkandung dalam buah dan sayuran sangatlah baik untuk sistem pencernaan ibu yang sedang menyusui. Berbagai keluhan yang sering terjadi setelah melahirkan dapat diatasi dengan konsumsi buah serta sayuran yang cukup. Pastikanlah buah dan juga sayuran yang Anda konsumsi telah terbebas dari pestisida.

Susu Rendah Lemak

Walaupun anda dianjurkan untuk mengonsumsi susu, akan tetapi ibu dianjurkan untuk mengonsumsi susu serta makanan olahan susu lainnya yang rendah akan lemak. Salah satu makanan yang bisa memperbanyak ASI adalah susu . Anda dapat mengonsumsi susu rendah lemak ataupun olahan susu yang lainnya. Seperti halnya keju dan juga yogurt. Pastikanlah susu yang Anda konsumsi banyak mengandung vitamin B, vitamin D, protein, serta mengandung kalsium. Setidaknya ibu dianjurkan untuk minum tiga gelas susu pada tiap harinya.

Ikan Salmon

Jenis ikan yang berikut ini mungkin memang begitu sulit diperoleh di pasar-pasar tradisional. Sebab ikan salmon tidak tergolong ikan khas Indonesia. Namun, setidaknya ikan salmon ini termasuk jenis makanan untuk ibu menyusui yang dapat meningkatkan kualitas dari ASI. Ikan salmon ini mempunyai kandungan DHA yang begitu tinggi. DHA sendiri begitu penting serta dibutuhkan oleh bayi dalam tumbuh kembang pada sistem sarafnya. ASI telah mengandung DHA, namun agar kualitas nutrisinya jadi lebih tinggi, Anda dapat memperolehtambahan DHA dari makanan yang Anda makan. Selain itu untuk seorang ibu, DHA ini juga memiliki manfaat guna memperbaiki mood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s