Cara Menurunkan Panas Pada Anak Dengan Alami

Demam merupakan keadaan dimana suhu badan melebihi 37°C yang diakibatkan oleh penyakit, peradangan, serta infeksi ringan ataupun parah. Demam juga dapat dikatakan pertanda jika sel antibodi manusia atau sel darah putih sedang melawan virus ataupun bakteri. Demam termasuk bagian dari proses kekebalan pada tubuh yang sedang melawan infeksi karena bakteri, virus, ataupun parasit. Demam bisa dikatakan sangat tinggi serta berpotensi berbahaya apabila suhu tubuh hingga mencapai 39°C atau bisa lebih. Suhu tubuh yang terlalu tinggi pertanda bahwa infeksi yang serius di dalam tubuh.

Panas pada anak sesungguhnya merupakan reaksi yang begitu baik dari tubuh anak pada saat terkena infeksi. Ini berarti jika sistem kekebalan tubuh anak berfungsi dengan baik sampai mengirimkan sinyal panas dari otak. Pada saat badan panas maka seluruh sel-sel darah putih pada tubuh berfungsi untuk menyerang virus, bakteri ataupun sumber penyebab infeksi lain yang telah masuk dalam tubuh. Akan tetapi, orang tua selalu merasa khawatir apabila anak panas, maka bisa jadi anak sakit. Pada umumnya panas akan terasa waktu malam hari atau sesudah anak bangun dari tidur. Cara menurunkan panas bisa dengan cara memberikan madu anak. Berikut ini adalah solusi untuk cara menurunkan panas pada anak.

Buat Suasana Kamar Anak Nyaman dan Dingin

Hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan panas anak adalah membuat kamar anak jadi terasa nyaman. Anda dapat mengatur suhu pada alat pendingin ruangan supaya tidak terlalu dingin ataupun tidak begitu panas. Suhu tubuh anak memerlukan suhu luar yang begitu nyaman. Apabila suhu udara sangat dingin, maka tubuh anak akan menjadi semakin menggigil. Apabila suhu udara sangat panas maka suhu panas anak akan sulit untuk menurun. Untuk itu, sesuaikanlah dengan kondisi udara yang ternyaman untuk tubuh pada anak Anda.

Berikan Minuman

Panas dapat menyebabkan anak menjadi dehidrasi. Guna mengatasi resiko ini maka berikanlah cairan yang cukup banyak untuk anak. Anda dapat memberikan air putih, memberikan susu formula atau ASI. Cairan ini dapat membantu melawan infeksi serta menyerang bakteri ataupun sumber penyebab dari infeksi lain. Untuk anak yang masih usia bayi, paling tidak harus menerima ASI sekali dalam 10 menit. Apabila anak susah untuk minum maka rayulah dengan botol atau dengan gelas kesukaan. Pada saat anak panas ada tanda yang harus anda waspadai, antara lain urin yang sangat sedikit, anak susah minum dan panas tubuh jadi semakin tinggi.

Berendam Dalam Air

Apabila suhu tubuh terasa begitu panas, maka pada umumnya anak akan menggigil pada saat menyentuh air. Akan tetapi, ternyata merendam anak saat panas dapat membantu menguapkan panas pada tubuh ke dalam air. Dengan langkah ini, panas pada tubuh anak akan turun dengan cara alami. Anda dapat memakai air dengan suhu yang tidak begitu dingin ataupun tidak begitu panas. Perhatikanlah suhu anak pada saat berendam. Apabila suhu badan telah turun maka segeralah angkat anak lalu keringkanlah dengan handuk yang lembut. Namun, apabila anak tidak suka berendam di air, maka anda jangan memaksa. Jangan memberikan alkohol dalam air sebab bila masuk dalam tubuh anak dapat menyebabkan akibat yang buruk pada kesehatan anak anda.

Berikan Sup Ayam

Apabila anak yang menderita demam sudah dapat makan makanan atau sudah berumur lebih dari 2 tahun. Anda dapat memberikan sup dengan kaldu ayam. Sup dengan kaldu ayam masakan anda sendiri begitu baik guna menurunkan demam pada anak. Anda dapat membuat sup dengan bahan-bahan ayam kampung ataupun dengan ayam organik. Semakin banyak jumlah tulang rawan dari ayam, maka manfaat untuk menurunkan panas anak akan semakin besar. Sup dari tulang rawan ayam banyak mengandung zat yang dapat melawan infeksi serta bisa menurunkan panas. Sistem kekebalan tubuh pada anak akan semakin baik dengan asupan nutrisi dari masakan sup ayam bikinan anda.

2 thoughts on “Cara Menurunkan Panas Pada Anak Dengan Alami

  1. Pingback: Kebutuhan Gizi Untuk Perkembangan Bayi 11 Bulan | Madu dan Anak

  2. Pingback: Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Paling Aman | Madu dan Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s