Madu Anak, Manfaat dan Khasiatnya

lebah-madu-anak

Madu anak memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan anak, bahkan sejak zaman dahulu nabi Muhammad SAW sudah mengajarkan bahwa madu merupakan makanan/minuman yang sangat baik, tidak hanya baik dikonsumsi untuk orang dewasa, tapi baik juga dikonsumsi oleh anak-anak.

Madu dihasilkan oleh lebah dimana makanan lebah berasal dari bahan alami terpilih yaitu nektar dari bunga atau tanaman. Lebah sangat selektif dalam memilih tumbuhan yang akan diambil sari bunga atau nektar nya. Semua proses yang dilakukan lebah hingga menghasilkan madu sangat baik dan seletif, oleh karena itu hasilnya pun tentu lah sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia terutama anak-anak.  Madu juga memberikan efek yang terbaik untuk tubuh kita dengan rajin mengkonsumsinya setiap hari.

Madu anak memiliki rasa yang manis, bentuknya yang sedikit kental seperti sirup dengan rasa yang manis alami, bahkan madu anak ini bisa dijadikan pengganti gula di dalam pendamping makanan, seperti untuk minum obat, agar-agar, pudding dan makanan lainnya. Bagi anak – anak madu anak juga memiliki banyak khasiat diantaranya adalah :

1.    Menambah nafsu makan terutama untuk anak – anak yang memiliki masalah susah makan, madu anak dapat memberikan stimulasi agar anak memiliki selera makan yang baik, diberikan rutin kepada anak dua kali sehari.

2.    Untuk anak yang sedang mengalami penyakit batuk, madu juga dapat mengobati untuk meredakan batuk tersebut lebih cepat, dengan khasiat yang dimiliki untuk daya tahan tubuh sehingga batuk anak tersebut akan berkurang. Begitu juga untuk anak yang terkena pilek, demam dan alergi.

3.    Dapat membuat anak untuk tidur lebih pulas dan nyenyak, karena madu memiliki khasiat kandungan zat besi dan tembaga yang baik untuk pencernaan mereka sehingga akan mengurangi rasa nyeri atau permasalahan lainnya, sehingga membuat tubuh anak merasa nyaman.

4.    Madu anak juga sangat baik untuk pertumbuhan anak karena kandungan tembaga dan zat besi tersebut memiliki kandungan paling tinggi yang ada di madu, dan masih banyak kandungan tambahan yaitu zat asam folat yang sangat baik sebagai zat pertumbuhan anak, dan zat ini sangat baik untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh anak.

5.    Perkembangan otak yang baik yang optimal sehingga dapat menjaga fungsi kerja otak yang baik dengan kandungan fruktosa yang dimiliki oleh madu tersebut, dan akan lebih maksimal diberikan madu sebelum tidur karena perkembangan otak tersebut akan maksimal saat anak sedang tertidur lelap.

Madu dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak asalkan dengan dosis yang tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan juga akan memberikan efek samping yang kurang baik untuk anak yang mengkonsumsinya, bahkan jika anak tersebut memiliki pencernaan yang sensitif, maka akan mengalami diare atau mencret pada anak tersebut.

Saat ini banyak madu yang tersedia di pasaran, dengan banyak pilihan dan penawaran, oleh karena itu kita sebagai orang tua harus jeli untuk melihat madu yang murni dan asli dikarenakan banyak madu yang beredar juga banyak ditambahkan dengan pemanis buatan. Banyak cara untuk mengetahui madu asli atau palsu, tapi cara sederhana adalah dengan menyimpan madu tersebut di dalam kulkas (bukan dalam freezer). Diamkan selama 1-2 hari, jika ada sebagian yang mengeras/putih, maka bisa dipastikan madu tersebut ditambahkan gula/pemanis.

Banyak juga pedagang yang menjual madu dengan membawa langsung sarang lebahnya, hal ini juga tidak menjamin bahwa madu yang dibawa asli.

Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak madu yang dijual dalam skala produksi. Pilih lah produk madu yang sudah memiliki ijin dari BPOM RI  hal ini untuk menjamin kualitas dan keaslian madu tersebut.

Ada banyak sekali jenis madu yang dijual di pasaran. Madu berdasarkan nektarnya seperti madu kapuk/madu randu, madu lengkeng, madu rambutan dan lainnya.
Ada juga madu berdasarkan asal lebah/mendapatkan sarangnya, seprti madu hutan, madu arab, madu sumbawa dll.

Untuk madu anak, pilih lah madu yang memang kandungannya cocok untuk anak. Salah satunya madu anak antariksa. Jenis madu anak ini memang dibuat untuk kesehatan dan kebutuhan anak.

Mengapa harus dibedakan madu anak dengan madu untuk umum. Karena tingkat kematangan pada saluran pencernaan anak berbeda dengan orang dewasa. Terutama untuk anak di bawah 1 tahun yang pencernaannya belum sempurna.
Itulah beberapa hal tentang madu anak yang baik untuk diketahui oleh para orang tua. Semoga bermanfaat.

Save

2 thoughts on “Madu Anak, Manfaat dan Khasiatnya

  1. Pingback: Madu Untuk Batuk Anak | Madu dan Anak

  2. Pingback: Cara Menurunkan Panas Pada Anak Dengan Alami | Madu dan Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s